28 Mei 2008

Andy Achmad Sampurna Jaya Dulu Seniman, Kini Bupati

Masyarakat Lampung Tengah, Provinsi Lampung mengenal Andy Achmad Sampurna Jaya tak hanya sebagai sosok bupati. Dia juga dikenal sebagai sosok seorang seniman. "Tapi saya tetap seniman. Jadi bupati cuma hobi," kata dia. Namun, jangan anggap jabatan bupati cuma buat iseng-iseng. Andy Achmad tergolong bupati sukses. Beragam penghargaan diterimanya. Tujuh kali pengakuan Presiden RI atas karyanya membangun Lampung Tengah dan belasan kali dari Menteri.

Terakhir, 15 November 2007, dia menerima Penghargaan Ketahanan Pangan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tidak hanya kali ini saja, Penghargaan Ketahanan Pangan disabetnya. Sudah tiga kali berturut-turut; satu diberikan Presiden Megawati Soekarnoputri dan dua kali oleh Presiden SBY.

Andy sosok yang intens menggeluti kebudayaan dan politik. Dia juga menjadi ikon dalam etalase seni dan budaya Lampung. Ikut mengangkat seni budaya Lampung ke pentas nasional, melalui penampilannya di TVRI tahun 1970-80-an. Era tahun itu juga, ia menciptakan lagu-lagu Lampung bercorak melayu-kreatif serta tembang-tembang populer sampai sekarang. Berikut perbincangan Jurnal Nasional dengan bupati dua priode di Kabupaten Lampung Tengah ini.

Selama menjadi Bupati Lampung Tengah, potensi apa yang menarik?

Basis kita kan pertanian. Mungkin kita salah satu yang mensuplay padi, jagung sebanyak 30 persen. Dan sudah tiga kali berturut-turut mendapat Satya Lencana untuk ketahanan pangan. Kiat kami adalah menyosialisasikan ketahanan pangan ini. Tak harus padi saja, tapi juga ubi kayu, jagung dan lainnya. Yaitu dengan memenuhi kebutuhan petani dengan bantuan bergulir.

Seperti kemudahan membeli pupuk, membangun sarana prasarana lebih luas, dan perlu juga menstabilkan harga gabah supaya petani tidak rugi. Lalu menyediakan pelatihan rutin dengan pendidikan terbaru. Misalnya supaya dengan 7 hektar barangkali bisa hasilkan 10 ton. Pendidikan ini juga perlu untuk menghasilkan padi yang baik sehingga tidak ketergantungan dari luar.

Perkembangannya hingga saat ini?
Alhamdulillah dua tahun pertama dulu, Lampung Tengah di posisi tertinggi dalam mengentaskan kemiskinan, 5 persen. Itu di atas rata-rata nasional. Alhamdulillah juga selama dua periode tidak ada kendala apa-apa, khususnya terkait ketahanan pangan.

Karena ketahanan pangan adalah kunci. Harapannya kita bisa meningkatan ini. Makanya saya selalu tekankan pada staf saya untuk jemput bola. Saya sependapat dengan presiden untuk mengangkat masalah rakyat miskin sebagai prioritas dalam pekerjaan. Karena kalau petani mendapat kemudahan fasilitas, peningkatan perolehan, maka kemiskinan kan bisa kita angkat.

Anda terpilih kembali menjadi pemimpin, Apa ada evaluasi yang berkaitan cara kepemimpinan di tengah masyarakat?
Alhamdulillah Allah beri kesempatan. Wujud syukur saya dengan memperbaiki kelemahan dan terus beribadah dan bekerja dengan baik. Evaluasi sih memang setiap hari. Misalnya melihat kyai sepertinya hidupnya bahagia dan tenteram sekali. Apa yang harus kita lihat dari itu, ya ketulusan dia. Itu poin evaluasi yang harus kita tangkap.

Sementara mengenai kepemimpinan open minded terhadap keberagaman, harus diakui tak seluruh policy open minded. Dan pasti selalu ada pihak yang tidak bisa menerima, tapi itu kan kembali pada seni kepemimpinan seseorang. Bagaimana ngasih pengertian pada mereka itulah yang namanya seni dari kepemimpinan. Seni itu penting untuk membina kebersamaan. Karena kebersamaan adalah kekuatan yang hanya bisa dicapai kalau ada rasa cinta kasih berlandas kepercayaan. Sementara memosisikan diri dalam perbedaan kepentingan masyarakat, tak harus netral, tapi prioritas pada kepentingan negara. Bukan kelompok. Yaitu kepentingan menyejahterakan rakyat dengan tidak melanggar Pancasila dan UUD '45.

Berarti bakat seni nyanyi anda harus terus diasah supaya aspek seni dalam memimpin tetap terpelihara?
Oh, betul. Di Jepang, anak 5 tahun sudah mengenal nada lagu. Orang yang sensitif dengan nada, pasti peka. Dan pemimpin yang peka juga akan aware kepada lingkungan. Bukan mementingkan diri sendiri atau kelompok.

Kalau sudah peka, penerapan konsep pemimpin berhati nuraninya bagaimana?
Yang pasti tidak melanggar hak orang, tapi tetap mencarikan solusi untuk sampai di tujuan. Itu unsur kebijakan dengan hati nurani. Prinsipnya adalah sebisa mungkin tidak merugikan orang lain. Susah memang, tapi harus dicoba. Paling tidak mendekati.

Kesuksesan sebagai bupati, Apa yang memotivasi Anda?
Saya niat untuk ibadah. Siap kalah, siap menang.
Tapi saya juga punya keyakinan. Menyiapkan bathin dengan doa dan juga tetap melihat hasil poling dan nilai jual, baik atau tidak? Sementara ini harapan saya dari partai sendiri karena saya sebagai Ketua Lembaga Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu). Saya berani karena saya lihat hasil poling saya tertinggi. Insya Allah sama halnya dengan popularitas karena saya kan juga tukang ngamen. Di mana-mana lagu saya beredar. (tertawa).

Tinggal petunjuk Allah jalan mana yang saya harus tempuh. Nggak perlulah ngoyo menjelekkan atau memfitnah orang supaya masuk penjara. Walaupun saya luar biasa dizalimi, saya tak akan bicara di media, tapi rakyat akan menilai. Dengan tidak membalas, malah dapat kekuatan berlipat. Karena ini urusan Allah. Kalau dibalas, kriteria kita jadi sama dengan yang memfitnah. Paling sampaikan saja bahwa itu tidak benar.

Saya mencalonkan diri untuk meningkatkan apa yang saya lihat masih kurang. Saya harus punya keyakinan bahwa saya bisa mengubah itu. Seperti saya punya keyakinan bisa mengubah Lampung Tengah mulai dari kecamatan. Bandar Jaya punya pasar mewah seluas 2 hektar yang dibangun dengan biaya 110 miliar oleh investor, tanpa seperak pun uang rakyat. Nah di provinsi, akses komunikasi dengan pemimpin di pusat lebih memungkinkan. Utamanya untuk menyampaikan mengenai fasilitas daerah dan kepentingan rakyat. Karena orang di pusat tak mungkin melihat sampai detail.

Jarang ada birokrat yang kreatif juga di dunia maya, apa jurus supaya eksis sebagai blogger?
Ha ha ha. Ya. Contohnya, dengan adanya galeri dukungan dan kesan partai demokrat sendiri, kan? Saya memang orangnya spontan. Kalau lagi senggang, menjelang tidur, biasanya saya menulis blog.

Prestasi anda di bidang musik cukup signifikan. Ada pencapaian paling berkesan?
Yang juara nyanyi Melayu Deli se-Sumatera di Palembang. Karena saya bukan penyanyi Melayu. Saat itu lawannya penyanyi dari Medan dan daerah lain bagus sekali cengkok Melayunya. Tapi saya perhatikan powernya kurang. Saya sendiri 2 hari belajar cengkok di Palembang. Tapi dasar saya lagu barat seperti lagunya Tom Jones yang powernya terasa.
Saya dapat juara pertama piala Harmoko tahun 1990.

Salah satu anak Anda jadi anggota DPRD Provinsi Lampung. Sengaja mengarahkan anak agar berjalan di jalur birokrat?
Anak saya ada yang pegawai negeri, ada yang baru mulai cari kerja dan sudah kelihatan jiwa wiraswastanya. Saya sendiri awalnya pengusaha dan juga aktif di olahraga, tak berencana jadi birokrat. Tapi lalu dunia berputar, ada reformasi, memungkinkan swasta jadi anggota MPR. Berlanjut dengan terpilih jadi bupati. Percaya nggak percaya, bisa jadi ini gen. Karena kakek saya adalah Gubernur Lampung pertama di distrik ibukota Lampung Tengah. Mungkin ini garis hidup. *Syifa Amori

Biodata:

Nama Lengkap: H. Andy Achmad Sampurna Jaya
Tempat Tanggal Lahir: Bandarlampung, 2 September 1949
Nama Istri: Hj. Sriyanti Andi Achmad Sampurna Jaya
Tempat tanggal Lahir: Jakarta, 25 Januari 1955

Nama Putra Putri:

1. Andika Wibawa S. Raya, S.E. (Tanjung Karang, 8 Juni 1976)
2. Annatiasi S. Raya S.IP, Msi (Tanjung Karang, 2 November 1978)
3. Puncak Arief Yahya S. Raya, S.H. (Tanjung Karang, 17 Januari 1982)
4. Amma Maulina S. Raya A.Md. (Tanjung karang, 16 April 1983)

Pendidikan:
-Sekolah Rakyat (SR), lulus tahun 1963
-SMP, Lulus tahun 1966
- SMA, lulus tahun 1969


Riwayat Pekerjaan dan Organisasi:

1· Ketua Kadinda Tk. I Lampung
2· Ketua Umum Pampila (Persatuan Artis Musik dan Penyanyi Lampung)
3· Ketua IPSI Tk.
II Bandarlampung 1987 - 1992
4· Ketua Pengda Ikatan Motor Indonesia Cabang Lampung
5· Ketua Umum KONI Lampung Tengah
6· Ketua DPD Pejuang Siliwangi Propinsi Lampung 2001 - 2006
7· Ketua Bidang Seni Budaya Golkar Propinsi Lampung 1982 - 1994

8· Wakil Ketua Umum KONI Lampung
9· Pembina Celebritis Club
10· Management Entertainment PT. Krakatau Steel Cilegon
11· Pemrakarsa berdirinya Yayasan Artis Peduli Bangsa
12· Bupati Lampung Tengah Periode 2000 - 2005 Dilantik tanggal 11 November 2000
14· Bupati Lampung Tengah Periode 2005 - 2010 Dilantik tanggal 9 November 2005

Gelar-gelar Adat:

1· Anak Agung Dharma Wisesa dari masyarakat Adat Bali - Lampung Tengah
2· Sutan Rajo Imbang Nan Sati dari masyarakat Adat Minang - Lampung Tengah
3· Datuk Rajo Gegelang dari masyarakat Adat Pulau Pisang, Krui - Lampung Barat
4· Andy Pattalongi dari masyarakat Adat Sulawesi Selatan - Lampung
5· Opung Andy Achmad Sampurna Jaya dari masyarakat Sumatera Utara - Lampung
6· Umpuan Bathin Sempurno Jayo dari masyarakat Adat Terbanggi Besar
7· Sutan Rajo Asli dari masyarakat adat Bandar Mataram
8· Suntan Pembina Adat, dari masyarakat Adat Pubian Lampung Tengah

Juara Perlombaan:
1· Juara I POP Singer Propinsi Lampung 1970
2· Juara I Lagu-lagu daerah se-Sumbagsel 1974
3· Juara I Melayu Deli se-Sumatera di Palembang 1990
4· Juara I Lomba Cipta Lagu Pop daerah Lampung 1994

5· Pemenang Tennis Hiburan Pria 1982

Penghargaan dari dalam Negeri:

1· Tanda Penghargaan Walikota III P 301 Bandar Lampung 1983
2 Piagam Penghargaan Gubernur Kepala Daerah Tk. I Lampung 1983
3· Tanda Penghargaan Walikota Penerima Parasamya Punakarya Nugraha 1984
4· Tanda Penghargaan Masyarakat Sumbagsel Festival Lagu dan Tari 1984
5· Tanda Penghargaan Korem 043 Garuda Hitam HUT GATAM ke 14 1990
6· Tanda Penghargaan APMI - Pria Berbusana Terbaik Indonesia 1992
7· Tanda Penghargaan Festival Lagu Melayu Deli 1997
8· Piagam Penghargaan dari Konsulat Jendral RI di Los Angeles USA atas Partisipasi dalam acara Gema Indonesia 2007

Album

-Bulan Separuh

Sumber: Harian Jurnal Nasional, Kamis, 27 Maret 2008

Tidak ada komentar: